Tips Menjaga Pernikahan dari Perceraian

happy-couples

Kehidupan berkeluarga tidaklah seperti garis lurus. Bisa dipastikan akan terjadi berbagai belokan yang membuat kehidupan suami istri makin dinamis. Di dalam mencakup banyak masalah yang harus diselelsaikan, di samping berbagai momen yang membahagiakan. Terkadang saat ada masalah, pasangan mesti memutar otak agar konflik tidak makin membesar dan berlanjut dengan perceraian.

Dikutip dari Boldsky, ada beberapa tips yang bisa dilakukan paangan untuk meredam konflik agar bisa menghindari perceraian:

  1. Mendiskusikan masalah yang dialami pasangan. Awal dari pertengkaran adalah masalah. Bahkan, masalah kecil pun kalau tidak diselesaikan akan membesar juga. Oleh karena itu, duduk bersama dan kompak dalam menyelesaikan masalah adalah cara yang efektif untuk mencegah konflik keluarga menjadi besar.
  2. Menawarkan solusi. Kadang, berdiskusi pun belum membawa hasil karena salah satu pasangan hanya diam menerima pendapat dari pasangan lainnya. Lebih baik lagi jika masing-masing pasangan juga saling menawarkan solusi. Dengan begitu, masalah bisa diselesaikan dengan cepat.
  3. Budayakan berpikir positif. Cara pandang Anda terhadap hubungan dan pasangan sebaiknya selalu diarahkan untuk tidak berpikir buruk. Anda mesti yakin bahwa pernikahan adalah harga mati yang harus dipertahankan sampai kapan pun. Dengan begitu, Anda tidak mudah goyah saat ada prahara melanda dalam keluarga.
  4. Ambil hikmah dari setiap kesalahan yang Anda buat dalam keluarga. Ini adalah salah satu bentuk memperbaiki diri sekaligus mencegah datangnya masalah yang sama dalam hubungan Anda. Belajar dari kesalahan akan memperbaiki kehidupan keluarga.
  5. Menciptakan perubahan positif. Hidup akan terasa hambar jika dalam keluarga tidak terjadi keadaan yang selalu dinamis. Oleh karena itu, berdiskusilah dengan pasangan untuk mencapai target-target tertentu dalam kehidupan keluarga Anda.
  6. Segera luruskan kesalahpahaman. Miskomunikasi adalah hal yang biasa muncul dalam kehidupan pasangan. Misalnya, suatu ketika suami pulang larut malam untuk rapat kantor, tetapi istri mencurigainya telah berselingkuh. Kesalahpahaman seperti ini sebaiknya segera dikomunikasikan agar konflik tidak meruncing.


Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Plugin Wordpress | Android Forums | Wordpress Tutorials

Ditya 21 Feb, 2013


-
Source: http://sidomi.com/164223/tips-menjaga-pernikahan-dari-perceraian/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Comments