Cara Memeriksa Kerusakan e-KTP Bila Sering Di-fotocopy Terbaru Terbaik

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau agar e-KTP tidak terlalu sering di-fotocopy. Bila ada yang sudah terlanjur sering melakukannya, ada cara tertentu untuk memeriksa apakah e-KTP itu rusak atau tidak.

“Dicek dengan menggunakan card reader di mana pun dia berada. Asal mengeceknya sendiri tidak diwakilkan,” kata staf ahli Mendagri, Raydonnyzar Moenek, di kantornya, Jl Veteran, Jakpus, Rabu (8/5/2013).

Sejauh ini, Moenek mengaku belum menerima ada laporan kerusakan akibat e-KTP yang sering di-fotocopuy. “Udah lima kali fotocopy masih tidak rusak. Jadi sebelum rusak dicegah,” imbuhnya.

Dirjen Administarasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Irman menambahkan, chip di dalam e-KTP standarnya sudah baik. Hanya memang, berbeda jenis dengan chip kartu kredit.

“Chip kami standarnya cukup baik dan diakui jadi chip kami bukan standar rendah. Bedanya dengan kartu kredit, chipnya di luar kegores dikit rusak, kalau e-KTP tidak,” jelasnya.

Ditambahkan Irman, surat edaran Mendagri bernomor: 471.13/1826/SJ tertanggal 11 April 2013 itu bertujuan agar e-KTP tidak terlalu sering difotocopy. Selain untuk mencegah kerusakan, larangan itu juga untuk mengubah perilaku pelayanan instansi pemerintah agar tak terlalu sering mengkopi e-KTP.

M.Noor Aditya Rahman 11 May, 2013


-
Source: http://www.snipertechno.com/2013/05/cara-memeriksa-kerusakan-e-ktp.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Comments