Gerhana Matahari Cincin 10 Mei 2013 Populer Post

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Fenomena alam yang berkaitan dengan pergerakan benda-benda langit adalah hal yang sangat menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah peristiwa gerhana, khususnya gerhana matahari. Peristiwa yang langka dan belum tentu terjadi setiap tahun ini akhirnya akan terjadi lagi tahun ini, tepatnya besok pagi, Jumat (10/5/2013).

Salah satu Astronom Indonesia dari ITB, Moedji Raharto mengatakan bahwa besok pagi akan terjadi peristiwa gerhana Matahari Cincin. Namun demikian dia melanjutkan bahwa penampakan gerhana Matahari Cincin hanya bisa disaksikan oleh para penduduk yang berada di jalur gerhana saja dan tidak dapat dilihat sempurna oleh penduduk dari tempat yang lain.

Kebetulan untuk peristiwa gerhana besok, Indonesia tidak berada dalam kawasan jalur gerhana sehingga yang kemungkinan masih bisa melihat penampakan gerhana Matahari Cincin adalah para penduduk yang tinggal di kawasan Indonesia Timur. Jalur gerhana matahari cincin kali ini melewati Australia dan kawasan Samudera Pasifik.

Peristiwa gerhana Matahari Cincin terjadi karena sudut matahari lebih besar dari pada diameter sudut bulan. Akibatnya masih tersisa berkas sinar yang kuat untuk terlihat dari bumi. Sehingga gerhana matahari Cincin tidak menimbulkan suasana gelap seperti gerhana Matahari total.

Untuk kawasan Indonesia, penampakan yang akan terlihat adalah Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Waktunya pun berselang dari kota satu ke kota yang lainnya. Gerhana akan dimulai dari kawasan kota-kota di wilayah timur baru ke barat. Misalnya di Yogyakarta, matahari akan terbit dalam keadaan gerhana yang berakhir pada pukul 06.27 WIB. Sedangkan untuk kota yang lebih timur, gerhana akan cenderung berlangsung lebih awal, dan untuk yang lebih barat baru setelahnya dalam selang beberapa menit.

M.Noor Aditya Rahman 09 May, 2013


-
Source: http://www.snipertechno.com/2013/05/gerhana-matahari-cincin-10-mei-2013.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Comments