Informasi Penerimaan CPNS 2013 Populer Post

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pekerjaan yang paling diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Kesempatan menjadi PNS, melalui penerimaan yang dilakukan oleh pemerintah setiap tahunnya akan selalu dibanjiri oleh para pelamar, bahkan bisa mencapai 20 kali lipat lebih banyak dari jumlah posisi lowongan yang disediakan.
info cpns 2013
Diberlakukannya jenjang karir yang diklasifikasikan kedalam golongan-golongan PNS, yaitu mulai dari golongan IA (pangkat juru muda) hingga IVE (pangkat pembina utama) menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menjadi seorang PNS. Selain itu gaji pensiunan bagi seorang PNS di masa tua, juga turut menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan orang di Indonesia ingin menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil.

Mengingat begitu besarnya minat masyarakat Indonesia untuk menjadi seorang PNS, maka pada kesempatan kali ini blog Karo Cyber akan mempublikasikan informasi penerimaan CPNS 2013 kepada Anda. Adapun tujuan untuk mempublikasikan informasi ini adalah sebagai upaya untuk membantu Anda dalam mendapatkan informasi seputar penerimaan lowongan CPNS di tahun 2013 ini.

Adapun informasi penerimaan CPNS pada tahun 2013 yang dipublikasikan kali ini bersumber dari situs Antaranews.com. Menurut berita yang dipublikasikan Antara tertanggal 10 April 2013 tersebut, menyebutkan bahwa tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional akan digelar mulai pada bulan Agustus 2013 mendatang.

Mengutip pernyataan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abu Bakar dalam pemberitaan itu menyebutkan bahwa moratorium penerimaan CPNS reguler telah dicabut, namun jumlah CPNS di tahun 2013 akan dibatasi. Menurutnya jumlah PNS yang akan memasuki usia pensiun pada tahun 2013 mencapai 110 ribu orang. Sementara jumlah CPNS yang diterima sekitar 60 ribu orang.

Sejauh ini pihak Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), masih menunggu usulan kebutuhan CPNS dari daerah. Dalam hal ini setiap daerah terlebih dahulu harus mengusulkan berapa jumlah kebutuhan CPNS dari masing-masing daerah pengusul tersebut.

Disebutkannya bahwa kebutuhan terhadap Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kategori 2 akan mencapai jumlah 500 ribu orang. Dalam hal ini Kemenpan-RB masih akan melakukan penentuan kuota formasi jurusan dan usulan dari daerah.

Kemenpan-RB kemudian akan menentukan jumlah kuota yang akan diterima untuk PTT K2. Bila kuota telah ditentukan, maka untuk tahapan selanjutnya akan dilakukan tes di bulan Juli atau Agustus. Adapun tes penerimaan PTT K2 akan disamakan dengan tes penerimaan reguler, diantaranya tes kepribadian, tes potensi akademik dan tes wawasan kebangsaan.

Sejauh ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diwakili oleh pelaksana tugas, Tautoto Tanaranggina, mengatakan bahwa kuota penerimaan CPNS daerah Sulawesi Selatan saat ini menunggu kebijakan Kemenpan-RB. Sebelumnya pihak BKD Sulsel telah mengusulkan lebih dari 1.885 lebih CPNS untuk penerimaan tahun 2013 yang didominasi lowongan menjadi guru, tenaga kesehatan dan penyuluh. Usulan tersebut juga sesuai dengan jumlah yang akan pensiun, yaitu sekitar sekitar 500 orang.

Pada kesempatan lain Menpan Azwar Abu Bakar yang didampingi oleh Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho juga menjelaskan mengenai penerimaan CPNS tahun 2013 ini. Menpan juga menyebutkan bahwa kuota penerimaan CPNS 2013 akan diumumkan pada bulan Juli 2013 mendatang.

“Pada Juli nanti kuota penerimaan CPNS tahun 2013 sebanyak 60.000 ini sudah bisa diketahui. Jumlah ini sekitar 50 persen dari total jumlah PNS yang pensiun tahun 2013 yang mencapai 120.000 orang” ujarnya disela penandatanganan Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Bagi Provinsi Sumut di Medan, Selasa (19/03/2013).

Dalam kesempatan itu Abu Bakar juga menjelaskan, bahwa pada penerimaan CPNS tahun 2013 akan terfokus dengan kebutuhan lembaga/departemen yang mengedepankan azas kompetensi dan kelayakan. Dengan kata lain, lanjut dia, penerimaan CPNS tahun 2013 ini akan disesuaikan dengan kebutuhan atau yang diperlukan saja.

“Pola seperti ini harus dilakukan karena jumlah PNS kita sudah banyak berlebih untuk satu lembaga/departemen.Jadi prinsipnya, kita hanya menerima formasi CPNS yang paling dibutuhkan saja,” ujarnya.

Itulah sekilas informasi penerimaan CPNS 2013 yang dapat Sniper Techno sampaikan kepada Anda pada kesempatan ini. Info penerimaan CPNS 2013 lainnya akan senantiasa di update melalui lamaan ini, sehingga informasi yang benar-benar Anda butuhkan mengenai penerimaan CPNS 2013 akan tetap dapat terus di ikuti melalui Sniper Techno.

M.Noor Aditya Rahman 02 May, 2013


-
Source: http://www.snipertechno.com/2013/05/informasi-penerimaan-cpns-2013.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Comments