Cara Jitu Sukses Di Usia Muda

sukses

Kesuksesan merupakan impian dan tujuan setiap orang, berbagai cara ditempuh demi mengejar kesusesan. Berikut adalah tips menggapai kesuksesan di usia muda, seperti yang Zipzr.com kutip dari liputan6.
Di usia 28 tahun, Varun Mehta sudah memiliki karier yang matang dan memegang posisi penting di perusahaan tempatnya bekerja. Varun dipercaya menjadi Vice President (VP) di Clutch Group yang merupakan bagian dari Boston Scientific and Johnson & Johnson.

Kalau Anda bertanya-tanya akan rahasia kesuksesan dalam berkarier, sudah saatnya Anda mulai berkaca. Menurut Mehta dalam meraih kesuksesan karier jangan pernah meniru apa yang dilakukan orang lain. Ia menambahkan, sesungguhnya setiap orang sudah memiliki jawaban atas apa yang dicarinya.

"Tidak ada formula sukses dan cetak biru yang pasti dalam bisnis. Meniru apa yang orang lakukan adalah sebuah kekalahan sebelum Anda bertanding," ungkapnya.

Yuk kita simak lima tips dari Varun Mehta hingga ia sukses di usia yang terbilang muda.

1. Inovasi
Jangan terbiasa menunggu perubahan, Anda harus terus berinovasi untuk menemukan perubahan. Jangan takut untuk mengambil inisiatif dengan membawa ide-ide baru yang menyegarkan. Setelah menemukan ide, Mehta menyarankan supaya setiap individu berani mengembangkan dan mengimplementasikannya. Menurut Mehta, Pengalaman tidak berpengaruh dalam melakukan inovasi. Yang terpenting adalah berpikir tidak biasa.

2. Kolaborasi
Salah satu cara terbaik dalam mengembangkan karier adalah dengan membantu orang lain menjadi sukses. Saat divisi dan tim kerja Anda berhasil, maka Anda adalah bagian dari kesuksesan ini. Saat berada dalam satu kelompok, Anda harus membangun fondasi yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Mehta mengatakan, siapa yang berperan tidak penting. Yang terpenting adalah, sebagai kelompok, adalah membangun kerjasama yang baik dalam mencapai tujuan.

3. Selalu mencari tahu
Tidak ada jawaban tidak tahu saat dunia sudah dipermudah dengan adanya Google. Daripada menjawab tidak tahu, Anda lebih baik menjawab dengan kalimat "saya akan mencari tahu". Google bisa menjadi senjata rahasia dan membuat seseorang menjadi tahu banyak hal.

4. Dedikasi
Saat atasan memberi tugas, umumnya Anda akan segera mengiyakan dan mengerjakannya tanpa berpikir panjang. Padahal Anda bisa menunjukkan dedikasimu dengan cara yang lebih baik. Mehta menyarankan supaya kita bekerja dengan lebih cerdas, bukan bekerja dengan lebih keras. Temukan cara-cara agar pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan lebih baik. Dengan begini Anda dapat menunjukkan dedikasi dan mengalahkan kompetitor Anda.

5. Tingkatkan kemampuan dan jangan mengejar jabatan
Kita semua ingin dipromosikan dan mendapatkan karier yang lebih baik di kantor tempat Anda bekerja. Tidak ada yang salah dengan hal ini tapi coba pikirkan lagi. Kebanyakan orang kini lebih fokus pada hal yang seharusnya mereka kerjakan ketimbang fokus pada hal yang dapat mereka kerjakan. Sukses dalam jangka panjang tidak datang dari bekerja di perusahaan tertentu atau memegang jabatan tertentu.

Mehta menjelaskan, pikirkan karier dalam bentuk bangunan. Setiap bangunan mewakili kemampuan yang Anda miliki. Semua bangunan membantu Anda mengerjakan pekerjaan yang Anda miliki. Lakukan apapun yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan yang akan membawa Anda ke tingkatan yang lebih tinggi.

Satu hal lagi yang perlu diingat. Anda tidak bisa menjiplak kesuksesan. Tapi Anda bisa merancangnya.