Cara Merubah Sifat Iri Menjadi Hal Positif

sifat iri

Sebagian orang menganggap bahwa sifat iri merupakan hal negatif, tapi jangan salah, sebenarnya sifat iri justru bisa dijadikan hal yang positif, seperti yang infoterbaru2017.com kutip dari liputan6 berikut.
Perasaan iri hati berbeda dengan cemburu. Jika cemburu merupakan reaksi atas ancaman kehilangan sesuatu yang sudah Anda miliki, iri hati adalah reaksi terhadap sesuatu yang tidak Anda miliki. Banyak orang mengatakan, iri hati merupakan hal yang negatif bagi diri kita karena sifat iri hati bisa merusak hidup dengan berbagai cara, antara lain menyita waktu, mengganggu pikiran, atau merusak hubungan. Namun ternyata kita dapat mengubah perasaan negatif tersebut menjadi sesuatu yang positif, bahkan bisa melejitkan potensi diri Anda. Berikut cara mengubah iri hati menjadi sesuatu yang positif seperti dikutip dari allwomenstalk.com, Kamis (29/12/2016).

1. Jadikan sebagai motivasi

Banyak hal yang bisa membuat sesorang merasa iri kepada orang lain. Misalnya ketika teman memiliki mobil baru, Anda merasa uring-uringan karena belum mampu membeli mobil baru. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka jadikan perasaan tesebut sebagai pendorong bagi Anda untuk lebih sukses. Jadikan sebagai motivasi kuat dalam diri Anda. Jika orang lain bisa mencapainya, maka kemungkinan Anda bisa mencapainya juga.

2. Jadikan sebagai panduan

Jika teman Anda mendapatkan pekerjaan bagus yang sudah lama Anda idam-idamkan, tanyakan padanya bagaimana cara dia mendapatkan pekerjaan tersebut. Sah-sah saja jika Anda mengcopy paste cara-cara yang telah teman Anda lakukan, jadikan hal tersebut sebagai panduan jalan Anda.

3. Jadikan sebagai tujuan

Banyak orang tidak tahu apa yang mereka inginkan dalam hidupnya. Kerena itu perasaan iri hati bisa sangat membantu seseorang menemukan tujuan hidupnya. Mungkin Anda merasa iri dengan pekerjaan teman Anda yang terlihat menyenangkan, sementara pekerjaan yang Anda miliki membuat Anda tertekan dan ingin resign. Hal itu bisa berarti Anda telah menemukan pekerjaan yang Anda inginkan selama ini.

4. Ubahlah perspektif

Saat Anda mengira kehidupan tetangga Anda sangat sempurna karena memiliki rumah bagus atau mobil mewah, pikirkanlah apa yang harus ia lalui dulu sebelum mendapatkan semua itu. Mereka mungkin harus bekerja keras dan mengorbankan waktu bersama keluarga tercinta demi mendapatkan itu semua. Sebelum merasa iri dengan kehidupan orang lain, berpikirlah tentang hal-hal tidak mengenakkan yang mungkin harus mereka lalui sebelumnya. Dengan memiliki perspektif baru, Anda akan banyak bersyukur dengan apa yag telah Anda miliki.

5. Jadikan sebagai pujian bagi teman Anda

Semua orang menyukai pujian. Jika Anda merasa iri dengan apa yang telah dicapai teman Anda, beri tahukan kepadanya. Misalnya Anda bisa mengatakan, “Wah mobil kamu bagus sekali sampai aku iri,” ia pasti sangat senang pujian tersebut. Ucapkan dengan tulus dan jangan sampai perasaan iri merusak hubungan kalian.