6 Souvenir Handmade Khas Jogja Yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Souvenir Handmade Khas Jogja
Saat berkunjung ke suatu tempat wisata, tentunya kurang afdol jika tidak memiliki oleh-oleh khas tempat tersebut. Terlebih ketika anda berlibur ke Jogja, daftar pesanan oleh-oleh pasti akan datang dari keluarga dan teman-teman. Oleh-oleh khas Jogja yang paling simpel, dan harganya yang relatif ekonomis, diantaranya adalah gudeg dan bakpia. Selain oleh-oleh yang memiliki harga relatif terjangkau, hotel yang murah di Jogja juga bisa menjadi pilihan, anda pun bisa book hotel murah di Reservasi. Jika liburan kali ini Anda ingin mencari oleh-oleh yang bisa menjadi kenang-kenangan, membeli souvenir handmade khas Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat. Bingung memilih jenis souvenir yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh? Berikut rekomendasi 6 souvenir handmade khas Jogja yang bisa anda pilih saat berkunjung ke Yogyakarta.

● Kaos Dagadu Jogja

Di sepanjang jalan Malioboro ataupun objek-objek wisata lainnya di kota Jogja, dengan mudah Anda bisa menemukan banyak penjual kaus dengan tulisan kata-kata lucu. Dari banyaknya kaus plesetan tersebut, banyak terdapat label berbentuk satu mata yang bertuliskan Dagadu. Dagadu adalah pelopor kaus-kaus dengan tulisan plesetan, nama Dagadu diambil dari bahas gaul Jogja yang artinya “matamu”.
 

Seiring dengan semakin berkembang dan terkenalnya brand kaus plesetan ini, Dagadu seakan menjadi souvenir yang wajib dibeli bagi para wisatawan yang berwisata ke Jogja. Kepopuleran brand ini, membuat banyak produk palsu yang mengaku sebagai merk Dagadu yang asli. Untuk memastikan bahwa Dagadu yang anda beli itu bukan barang palsu, ada baiknya Anda membeli produk-produk Dagadu secara langsung dari pabrikan yang berada di daerah Pakuningratan.

● Batik Jogja

Sebagai salah satu kota dengan sentra kerajinan batik terbesar, dengan mudah Anda bisa menemukan banyak pilihan jenis batik. Mulai dari batik yang dijual di sekitar jalanan Mailoboro, di pasar Bringharjo, ataupun di toko-toko sentral batik yang banyak tersebar di seputaran kota pelajar ini. Modelnya pun beragam, mulai dari kemeja, gaun, ataupun hanya kain batik, semuanya cocok dijadikan oleh-oleh.

Ada satu tempat batik handmade yang menjadi favorit para wisatawan, yaitu toko batik bernama Mirota. Brand ini memang sudah terkenal di Jogja, selain menyajikan berbagai pilihan oleh-oleh, anda juga bisa menemukan aneka jenis batik tulis. Anda bisa menemukan batik Mirota di pinggir Malioboro ataupun di jalan Kaliraung. Batik-batik buatan Mirota ini dibuat secara handmade dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.


● Blangkon Jogja

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan penutup kepala tradisional ini. Topi tradisional yang dibuat dari kain batik ini biasanya dipakai oleh para pria, sebagai aksesoris tambahan saat mengenakan baju Surjan, pakaian tradisional khas Jogja.

Sama seperti batik, blangkon ini juga dikenal oleh para wisatawan sebagai souvenir khas Jogja. Blangkon khas Yogyakarta ini dengan mudah bisa anda beli di berbagai tempat di sekitar tempat wisata. Harganya yang relatif murah dengan motif batiknya yang beragam, cocok untuk oleh-oleh yang bisa diberikan kepada ayah, kakak-adik, paman, ataupun teman.

● Wayang Kulit

Siapa yang tidak kenal kesenian wayang kulit? Selain bisa menikmati pertunjukannya, anda pun bisa membeli kerajinan tangan ini sebagai oleh-oleh. Meskipun bukan jenis wayang untuk pertunjukkan, nyatanya souvenir khas Jogja yang satu ini bisa Anda dapatkan di sekitar Malioboro ataupun pasar seni di Candi Borobudur ataupun Candi Prambanan. Ada berbagai pilihan ukuran boneka wayang yang bisa anda bawa pulang sebagai souvenir, mulai dari yang seukuran gantungan kunci sampai yang besarnya bisa menjadi pajangan dinding.

● Kerajinan Perak

Sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, ada sebuah daerah bernama Kotagede. Tempat ini adalah sebuah perkampungan yang membuat kerajinan perak handmade. Berbagai souvenir berbentuk hiasan ataupun pajangan dari perak, akan Anda jumpai di sini, bahkan anda juga bisa melihat langsung proses pembuatannya langsung loh. Souvenir khas Jogja yang satu ini sudah mulai dikenal dari zaman Kerajaan Mataram, bahkan ketika era kolonial masih menjajah negeri ini, produk kerajinan perak dari Kotagede ini sudah sering dikirim sampai ke negeri Belanda.

● Kerajinan Gerabah

Ingin mencari oleh-oleh yang tidak biasa? Anda bisa membeli berbagai kerajinan gerabah yang terbuat dari tanah liat. Lokasi tempat produk handmade gerabah yang paling terkenal, ada di wilayah Kasongan. Di tempat ini anda bisa menemukan banyak pilihan bentuk kerajinan gerabah yang dapat dibawa pulang sebagai souvenir. Sama halnya seperti kerajinan perak di Kotagede, di sini, Anda bisa melihat langsung proses produksi kerajinan gerabah, langsung dari tangan perajinnya.. Berbagai bentuk yang tersedia pun tidak akan membuat Anda kehabisan pilihan untuk membawanya sebagai buah tangan, mulai dari gerabah berbentuk asbak, vas bunga, sampai lampu hias, bisa jadi pilihan.


Dengan begitu banyaknya pilihan souvenir khas Jogja, tentunya tidak akan membuat Anda kebingungan saat ditagih oleh-oleh. Sebagai salah satu kota wisata yang dikenal dengan harga-harga yang terjangkau, selain anda bisa menginap di hotel yang murah di Jogja anda juga bisa membeli berbagai oleh-oleh unik yang akan selalu mengingatkan akan Yogyakarta, tentunya dengan harga yang tidak menguras dompet.


Untuk lebih menikmati suasana saat wisata ke Jogja, selain mencari hotel yang murah di Jogja  dan melakukan pemesanan dengan book hotel murah di Reservasi.com sebaiknya anda juga membuat daftar belanja oleh-oleh dan menentukan budget-nya terlebih dahulu. Selamat berlibur!

Comments