5 Cara Merawat Baju Koko Pria Yang Benar Dan Mudah Dilakukan

Baju koko  merupakan salah satu pakaian muslim yang banyak diburu selain gamis. Beragam model, warna dan desain yang ada saat ini menjadikan baju koko semakin diminati. Bahan kain yang digunakan juga sudah banyak pilihannya sehingga pria bisa memilih sesuai dengan keinginan dan selera mereka.  
 
Tidak hanya untuk dipakai saat sholat saja, baju koko juga bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti menghadiri acara keagamaan. Bagi yang hobi beli baju koko, agar bisa dipakai lama dan awet, tentu perlu perawatan yang benar. Nah, bagaimana sih cara merawat baju koko agar awet dan tidak cepat rusak?   

Baju Koko 2018 Blibli

 
1.    Cuci Dengan Benar
Dalam hal mencuci baju koko, tidak boleh sembarangan! Apalagi untuk baju koko warna putih. Sebaiknya pisahkan baju koko dengan cucian kotor lainnya. Ada baiknya jika khusus mencuci baju koko dengan warna yang senada. Apabila baju koko tidak terlalu kotor, sebaiknya cukup rendam baju koko selama beberapa menit dalam air detergen, lalu kucek menggunakan tangan, setelah itu bilas menggunakan air bersih yang telah dicampurkan dengan pelembut pakaian. 
 
2.    Jemur Tanpa Terkena Sinar Matahari Langsung
Khusus untuk baju koko yang berwarna selain putih, pada saat menjemur, sebaiknya jemur pada tempat yang tidak terkena matahari langsung. Hal ini untuk mencegah cepat pudarnya warna baju koko. Efek panas sinar matahari yang mengenai kain baju dapat membuat warnanya cepat pudar, selain itu serat kain juga cepat rusak atau lapuk. 
 
3.    Setrika Baju Sesuai Bahan Dan Suhu
Agar setelah dijemur dan kering, baju menjadi rapi, gunakan setrika untuk membuat baju koko rapi dan licin. Namun, pastikan untuk mengatur suhu dan jenis kain pada setrikaan sesuai dengan bahan baju koko. Jika saat mencuci tidak menggunakan pewangi, maka saat menyetrika bisa ditambahkan dengan pewangi spray agar baju menjadi harum dan cepat licin.
4.    Gunakan Kastok
Usai menyetrika,jangan melipat baju koko karena akan membuat baju kembali lecek dan tidak rapi. Gunakan kastok atau gantungan baju agar tetap awet rapinya meski tidak digunakan dalam waktu dekat.  
 
5.    Simpan Dalam Lemari
Untuk mencegah baju koko terkena kotoran debu dan lainnya, segera masukkan baju yang sudah digantung menggunakan kastok ke dalam lemari. Tutup rapat pintu lemari agar berbagai jenis binatang tidak dapat masuk, misalnya saja tikus.  
 
Nah itu tadi 5 cara merawat baju koko yang benar,kamu bisa mencoba untuk menerapkannya di rumah agar baju koko kamu tetap awet terjaga.

Comments